Senin, 08 Juli 2013

Sore Ini, Kementerian Agama Intip Hilal di 18 Titik

Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Jawa Timur akan gelar Rukyatul Hilal (melihat anak bulan) di 18 titik. Rukyatul Hilal kali ini akan digelar serentak pada Senin (8/7/2013) sore nanti.

"Nanti jam 16.30 sudah dimulai dan hasilnya nanti akan langsung kami sampaikan ke pusat," kata Fatchul Arif, Humas Kanwil Kemenag pada suarasurabaya.net.

Seperti biasanya, Rukyatul Hilal kali ini juga akan digelar dengan melibatkan beragam ormas Islam, serta melibatkan perguruan tinggi dan para ahli astronomi.

Dalam Rukyatul Hilal ini, Kanwil Kemenag juga menerjunkan para hakim pengadilan agama yang nanti akan melakukan pengambilan sumpah sesuai syariat Islam. "Nanti petugas yang di lapangan melihat atau tidak melihat hilal akan kita sumpah sesuai syariat Islam," kata dia.

Apapun informasinya dari lapangan, nanti akan langsung diolah di Kanwil Kemenag Jl. Juanda Surabaya. Di Kanwil Kemenag ini, seluruh informasi akan diolah yang lantas akan disampaikan ke kementerian untuk dilakukan sidang isbat (penentuan awal puasa).

Jika satu saja dari 18 titik ini melihat hilal, kata Arif, maka puasa dipastikan akan digelar pada hari Selasa (9/7/2013) besok. Namun jika dari 18 titik ini tak ada satupun yang mampu melihat hilal, maka puasa akan digelar keesokan harinya atau pada hari Rabu (10/7/2013). (fik)

Sumber :  www.suarasurabaya.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar