Kamis, 11 Juli 2013

ORANG TALIABU MEMILIKI RATUSAN KUDA MEWAH

Pejabat Maluku Punya Ratusan Kuda MewahTEMPO.CO, Jakarta - Klub Pacuan Kuda Taliabo dan Persatuan Olahraga Berkuda Indonesia (Pordasi) menggelar Taliabo Derby 2013 di Jakarta, Ahad 10 Maret 2013. Ratusan kuda tangguh dari berbagai daerah didatangkan untuk dipacu dalam kejuaraan tersebut.

Taliabo tak lain adalah nama klub pacu kuda yang berasal dari Maluku Utara. Para pegiat pacuan kuda mengenal klub tersebut sebagai klub miliki Bupati Kepulauan Sula, Maluku Utara, Ahmad Hidayat Mus serta adiknya, Zainal Mus.

Klub pacu kuda Taliabo umurnya masih muda, baru sekitar dua tahun namanya santer beredar di perlombaan. Klub ini langsung menarik perhatian karena keberaniannya mengeluarkan uang untuk membeli kuda-kuda pacu.

Wahono Atmowidjojo, pelatih kuda dari klub Kuda Jingkrak, mengatakan kuda-kuda Taliabo kini jumlahnya seratus lebih. Umumnya, kata Wahono, klub kuda pacu menambah jumlah kuda dengan perlahan. "Sekalian beternak kuda," kata Wahono saat ditemui di arena pacu kuda Pulomas, Jakarta Timur, Ahad 10 Maret 2013. "Taliabo berani beli. Makanya langsung banyak."

Jumlah kuda yang mencapai ratusan ini dibenarkan oleh pengusaha yang juga hobi pacu kuda Alex Asmasoebrata. Kuda Taliabo, kata Alex, tersebar di banyak daerah, mulai dari Jakarta, Bandung, Sulawesi, dan juga Maluku.

Ketua Umum Pengurus Pusat Pordasi Mohammad Chaidir Saddak alias Eddy mengatakan, meski usianya masih muda, Taliabo termasuk klub yang memiliki jumlah kuda paling banyak. Klub pertama dengan jumlah kuda terbanyak menurut Eddy adalah klub miliknya, Aragon Stable.

Rekam jejak Taliabo jauh berbeda dengan klub Aragon. Eddy sudah 43 tahun malang melintang di dunia pacuan kuda. "Sejak saya berumur sembilan tahun," katanya. Jumlah kuda Aragon bertambah seiring usia klub. "Sekarang ada 100 ekor lebih," katanya.

Setetah Aragon, klub dengan jumlah kuda terbanyak, kata Eddy, adalah Taliabo dan dua klub lainnya. Namun keterangan jumlah kuda Taliabo yang disebut Eddy berbeda dengan yang disebut Wahono dan Alex. "Mungkin mereka punya 30 sampai 40 kuda," ujarnya.

Zainal Mus, Ketua Panitia Pelaksana Kejuaraan Kuda Taliabo Derby, tak bisa dikonfirmasi soal kuda klub kuda Taliabo. Tiga kali permintaan wawancara tolaknya. Begitu juga Hidayat yang hadir dalam acara tersebut. Keluarga besarnya yang turut serta menjadi penonton dalam acara tak ada yang mau diwawancara.

Sumber : www.tempo.co
Editor : ANANDA BADUDU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar