Jumat, 25 Januari 2013

Ratusan Mahasiswa Maluku Demo

Ratusan Mahasiswa Maluku Demo

MAKASSAR, UPEKS--Ratusan mahasiswa asal Maluku yang tergabung dalam Solidaritas Untuk Keadilan Masyarakat Taliabu (Sukma), Maluku menggelar aksi demonstrasi, di Fly Over, Jl Urip Sumoharjo Makassar, Kamis (24/1).
Demikian diutarakan, Mustakim Ladee SH, Jenderal Lapangan aksi Sukma. Katanya, demonstrasi ini merupakan aksi damai, sekaligus sebagai bentuk kepeduliannya terhadap pulau taliabu maluku utara.
Pihaknya, kecewa akan kebijakan pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara, tidak memberikan lagi kesejahteraan terhadap rakyatnya. Kehadiran tambang di Pulau Taliabu yang seharusnya memberikan kesejahteraan masyarakat Taliabu, ternyata berbanding terbalik dengan realita yang terjadi, di mana tanah masyarakat digusur dengan paksa dengan pihak investor tambang tampa ada pembicaraan lebih dulu. Ironisnya, tanah mereka yang digusur tidak mendapatkan ganti rugi dari pihak investor tambang.
Pihaknya juga menyayangkan, instansi tempat masyarakat berlindung ternyata berpihak terhadap investor tambang. Berkisar 27 warga yang menuntuk haknya terkait penggusuran berujung dibalik teruji bersi (Penjara), “Seharusnya tempat bernaung masyarakat, menegakkan keadilan terhadap masyarakat,” tururnya.
Dalam hal ini, beberapa mahasiswa yang tergabung dalm Sukma merupakan gabungan dari OKP, OKM, dan Organda, yakni, Forum Aspirasi Masyarakat Halmahera (Forasmata), Himpunan Pelajar Mahasiswa Taliabu (HPMT), Penggiat alam bebas Indonesia Taliabu (GABI_Taliabu), Bursa idiologi (BI), Perhimpunan pelajar mahasiswa halmahera utara (Hipmahalut), Front mahasiswa seram bagian timur (Formaserbati), Ikatan pelajar mahasiswa halmahera (IPMKT), Himpunan pelajar mahasiswa morotai (Hipma Morotai), Himpunan pelajar mahasiswa halmahera tengah (HPMHT), dalam Himpunan pelajar mahasiswa halmahera selatan (Hipma Halsel).(mg17/yok)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar